Senin, 15 Juli 2013

Makanan Sehat Saat Sahur


1. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sistem pencernaan Anda lebih sehat dan terhindar dari masalah susah BAB yang sering terjadi saat puasa. Masak sendiri berbagai sayur mayur seperti bayam, wortel, sawi, dan sebagainya. Mengonsumsi buah juga bisa dilakukan saat sahur.
2. Karbohidrat kompleks
Mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum atau nasi merah sangat disarankan karena dapat menstabilkan gula darah dan memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Hindari makanan instant dan gorengan
Mengonsumsi makanan instant terasa praktis karena cepat memasaknya, tetapi sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan instant, lebih sehat jika Anda mengolah sendiri makanan sahur. Hindari juga gorengan karena minyak akan mengandung rasa 'panas' yang membuat pencernaan tidak terasa nyaman.
4. Perbanyak konsumsi air
Selama menjalankan ibadah puasa, asupan air minum berkurang, karena itu penuhi kebutuhan minum saat sahur. Mengonsumsi buah kaya air bisa dilakukan jika Anda tidak ingin perut terasa kembung jika banyak minum air putih saat sahur. Buah seperti semangka, lemon, blewah, timun suri bisa jadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda disini