Senin, 15 Juli 2013

Makanan Sehat Saat Buka Puasa

1. Hindari banyak mengonsumsi makanan/minuman manis
Banyak orang salah kaprah dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis setelah buka puasa. Meskipun Nabi Muhammad mencontohkan mengonsumsi kurma, tetapi kurma segar yang dikonsumsi rasanya tidak semanis manisan kurma yang banyak dijual, manisnya kurma asli kira-kira hanya semanis bengkuang saja. Mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam jumlah besar justru akan menaikkan kadar gula darah secara drastis.
Saat berbuka, akan lebih baik mengonsumsi air hangat, jus buah alami tanpa gula atau air kelapa.

2. Konsumsi makanan berkarbohidrat komplek
Saat berbuka, jangan makan hingga kenyang, pilih makanan dengan karbohidrat kompleks agar tubuh tidak lemas dan ngantuk saat salat tarawih.
3. Hindari makanan instant dan makanan yang digoreng
Sama seperti saat sahur, akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi makanan instant atau makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng akan memperlambat kerja pencernaan. Ganti makanan digoreng dengan makanan kukus atau rebus.
4. Perbanyak konsumsi air
Saat berbuka, ini adalah waktu yang tepat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Air putih, minuman elektrolit, atau air kelapa adalah minuman yang disarankan. Jus buah alami juga bisa dikonsumsi sebagai tambahan nutrisi dan membuat rasa kenyang lebih lama.
Tidak terlalu sulit bukan? Jika puasa Anda sehat, maka menjalankan ibadah makin mantap karena tubuh Anda juga sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda disini