Rabu, 09 Maret 2016

Apakah di Pulau Gadang bisa melihat Gerhana Matahari Total?



Hari ini tangal 09 maret 2016 manusia akan melihat proses bulan menutup pandangan kita atas matahari atau gerhana. Bumi akan menjadi gelap karena sinar matahari terhalang bulan.

Yang langka, fenomena ini hanya akan terjadi di bumi Nusantara. Tak heran jika hari-hari ini para peneliti, masyarakat, dan turis telah berkumpul di sejumlah wilayah di Indonesia yang bakal dilintasi Gerhana Matahari total. yang kali ini melintasi 12 provinsi di Indonesia. bagaimana dengan Pulau Gadang Kec. XIII Koto Kampar? Apakah dari disini kita juga bisa melihat secara langsung fenomena ini? hehehe....

Apa yang dimaksud dengan gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas langsung di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan
bayangan jatuh menimpa Bumi. Ini hanya dapat terjadi pada fase bulan baru - ketika sisi gelap bulan menghadap ke Bumi. Sebaliknya, gerhana bulan terjadi ketika Bumi melintas di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan bayangan menutupi bulan purnama.

Karena Bumi berputar, maka tempat terbaik untuk melihat gerhana adalah di sepanjang zona biru pusat. Jika Anda cukup beruntung untuk berada di zona tersebut – yang sebagian besar terbentang di Indonesia – maka Anda akan dapat menyaksikan matahari tertutup seluruhnya oleh bulan.
Jika Anda berada jauh di sebelah utara atau selatan dari titik tersebut, Anda hanya akan dapat melihat gerhana sebagian. Misalnya, penduduk di Darwin di Australia Utara akan dapat melihat 60% dari matahari yang tertutup oleh bulan. Dan orang-orang di Perth di wilayah selatan akan dapat melihat 10% dari matahari yang terhalang.

Hal yang paling penting

Jangan melihat langsung ke matahari.
Gerhana ini sendiri dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jika Anda berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan.
Melihat secercah saja sinar matahari pada saat terjadi gerhana dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan.
Dan kacamata hitam Anda pun tidak akan membantu. Baca terus untuk mengetahui cara paling aman menyaksikan gerhana.

Cara menyaksikan Gerhana

Seperti yang telah kami peringatkan di atas: jangan melihat langsung ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda dapat membeli “kaca mata tukang las nomor 14” dari toko peralatan las atau dari beberapa toko perkakas lainnya. Anda juga dapat menggunakan mylar beraluminium yang dapat dipotong dengan gunting.
Cara lain untuk menyaksikan gerhana adalah dengan membuat kamera lubang jarum Anda sendiri.
Pada dasarnya, Anda hanya perlu membuat sebuah lubang pada sebuah kotak, dan menaruh beberapa kertas di belakangnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda disini